Kamis, 10 Desember 2020

Mengulik Komoditas Andalan Barang Yang Diekspor Indonesia Ke Amerika Serikat

Pemerintah Republik Indonesia rupanya terus meningkatkan devisa dan akselerasi negara ke Amerika Serikat. Dari sekian banyak kekayaan alam di Indonesia, ada beberapa yang menjadi komoditas andalan yang diekspor. Untuk mengetahui apa saja barang yang diekspor indonesia ke amerika serikat, yuk simak penjelasan dalam ulasan berikut ini.

 


Beberapa Komoditas Andalan Indonesia Yang Dikirim Ke AS
1. Komoditas Karet
Karet dikenal sebagai hasil bumi yang terkenal dengan keelastisannya. Hasil alam ini banyak digunakan untuk pembuatan produk dan peralatan. Karet sendiri terbagi ke dalam dua jenis yakni karet alam dan karet sintetis. Sebagai negara penghasil karet, Indonesia banyak mengekspor komoditas ini ke beberapa negara besar, termasuk Amerika Serikat.


Karet alam terbuat dari endapan getah pohon karet, sedangkan karet sintetis terbuat dari minyak mentah. Kedua jenis karet ini sama sama memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Ketika harga minyak mentah tinggi, jumlah permintaan karet alam akan semakin meningkat. Sebaliknya, jika permintaan karet sintetis lebih besar maka harga jualnya juga semakin tinggi.


Terhitung sejak Juni 2017 silam, urutan ekspor terbesar yang dilakukan negara Indonesia ada pada produk karet. Baik itu karet alam maupun karet sintetis. Total barang yang diekspor Indonesia ke Amerika Serikat ada periode 2017 mencapai 1.020,3 ton. Sedangkan di tahun 2018, kegiatan ekspor karet ke Amerika Serikat mencapai angka 817,7. 


2. Kelapa Sawit
Sudah bukan menjadi rahasia umum, Indonesia menjadi negara penghasil kelapa sawit terbaik. Jika ditelaah kembali, di tahun 2014 Indonesia berhasil memproduksi 33,5 juta ton olahan kelapa sawit. Kualitas sawit yang tinggi menjadikan laju ekspor semakin tinggi. Melalui kegiatan tersebut, Indonesia berhasil meningkatkan devisa negara.


Hingga saat ini, industri kelapa sawit di Indonesia terus mengalami pertumbuhan yang pesat. Bahkan Indonesia telah memiliki 8.1 juta hektar perkebunan kelapa sawit di suatu daerah. Perkembangan komoditas sawit yang semakin pesat, membuat kegiatan ekspor semakin digalakkan. Beberapa negara besar seperti AS juga menjadi tujuan ekspor sawit.


3. Rempah Rempah
Menurut perhitungan, potensi rempah rempah Indonesia akan terus meningkat setiap tahunnya. Selama kualitas rempah tetap terjaga, maka negara tujuan ekspor tidak akan merasa kecewa terhadap barang yang diekspor Indonesia ke Amerika Serikat. Hingga saat ini, komoditas asli Indonesia ini masih memiliki potensi dan daya saing tinggi.


Beberapa jenis rempah rempah yang diekspor ke AS, mulai dari kunyit, jahe, pala, kapulaga, cengkeh, kayu manis, lada, sereh, dan lengkuas. Beberapa jenis rempah tersebut menjadi salah satu komoditas dengan nilai surplus tinggi. Oleh karena itu, pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk mendukung kejayaan rempah seperti jaman dahulu. 


4. Perhiasan
Perlu anda ketahui, industri perhiasan merupakan satu dari beberapa komoditas andalan ekspor Indonesia. Perhiasan juga berkontribusi penuh dalam menentukan capaian nilai ekspor. Hal ini lantaran industri perhiasan mampu bersaing di dunia global dengan nilai jualnya yang sangat tinggi. 


Pemerintah mencatat nilai ekspor perhiasan Indonesia ke AS mencapai angka USD 2,05 miliar. Amerika Serikat mendominasi ekspor perhiasan Indonesia mencapai angka 93,02% dari total ekspor. Inilah peluang besar bagi industri perhiasan yang dapat meningkatkan devisa negara melalui barang yang diekspor Indonesia ke Amerika Serikat tersebut. 


Ekspor merupakan salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan devisa negara. Apalagi jika sebuah negara berkembang melakukan kerja sama ekspor impor dengan negara maju, contohnya Indonesia dengan AS. Dalam ulasan tersebut, telah dijelaskan beberapa komoditas andalan yang membuktikan bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya.

 
Top