Sabtu, 28 November 2020

Yuk Moms Intip 4 Manfaat Bermain Squishy Bagi Tumbuh Kembang Anak

Squishy adalah mainan yang terbuat dari sponge dan memiliki tekstur yang lembut dan kenyal saat diremas. Bentuk yang unik dan beragam hingga teksturnya yang lembut membuat anak - anak hingga orang dewasa suka mainan ini. Meskipun memainkannya hanya diremas remas saja, mainan squishy ini memiliki banyak manfaat bagi anak anak. Simak informasinya dibawah ini.

Manfaat Bermain Mainan Sponge Bagi Anak
1. Mengasah Motorik Anak
Permainan berjenis sponge ini akan membuat seseorang yang merabanya merasa gemas dan ingin terus menyentuhnya. Khususnya pada anak – anak, permainan ini dianggap menyenangkan terlebih banyak jenis bentuk dan warna. Anak – anak dapat mengenali bentuk, tekstur dan juga konsistensi suatu dengan merabanya dan merasakan menggunakan tangan mereka.


Hal tersebut dapat mengajarkan anak mengenai alasan mengapa mainannya bisa memiliki tekstur tersebut, mengajarkan anak juga mengenai warna sponge yang bervariasi dan lainnya. Tanpa disadari bermain dengan jenis mainan sponge ini akan melatih motorik halus anak. Terutama pada bagian jemari dan telapak tangannya yang berperan dalam memainkan mainan ini.


2. Melatih Kognitif
Squishy juga bisa melatih kognitif pada anak. Alasan dari mainan ini bisa mengasah kognitif karena mainan ini tersedia dalam berbagai bentuk. Bentuk mainan yang beragam tersebut membuat anak bisa mengetahui berbagai bentuk baru. Wawasan anak pun semakin luas dan berkembang ketika mengetahui semakin banyak bentuk baru pada mainan sponge ini.


Oleh karena itu, tidak ada salahnya apabila anda sebagai orang tua sering mengajak anak melihat berbagai bentuk mainan sponge ini yang diproduksi dalam berbagai bentuk unik. Saat ini banyak mainan sponge yang memiliki bentuk sayur, buah dan barang disekitar yang sering ditemui. Bagi anak yang masih mempelajari berbagai jenis benda disekitar, mainan ini bisa menjadi salah satu sarana.


3. Mengurangi Stres
Manfaat selanjutnya ketika anak bermain squishy adalah mengurangi rasa stress. Dengan teknik permainannya yang meremas benda sponge ini bisa membuat anak menyalurkan energi negatifnya ketika sedang marah atau sedang merasa sedih. Tekstur dari sponge yang lembut dan bisa kembali ke bentuk semula ini bisa dijadikan sarana untuk mengurangi rasa negatif.


Anak bisa diajarkan untuk lebih meredakan stresnya dengan menggunakan mainan ini. Pikiran yang mengganggu anak bisa terlupakan secara perlahan. Terlebih apabila marah anak akan sering merusak barang, mainan ini bisa menjadi salah satu penggantinya. Pasalnya ketika anak merasa marah atau kesal biasanya akan suka melampiaskan dengan gerakan tangan.


Peran orang tua dalam hal ini juga tetap penting, menemani anak dan juga mengajarkan untuk meredakan rasa stress atau kesal menggunakan sarana mainan ini bisa mengontrol emosi negatif anak dan mengajarkan cara menyalurkan emosi tanpa merugikan orang lain. Sehingga rasa sabar dan dapat mengontrol diri bisa dilatih sejak masih kecil agar anak menjadi lebih sabar.


4. Melatih Komunikasi dan Bersosialisasi
Manfaat yang terakhir bermain squishy adalah melatih komunikasi anak dan juga bersosialisasi dengan sekitarnya. Mainan ini tersedia dalam berbagai bentuk, apabila bermain dengan temannya, anak bisa membuat mainan ini memiliki konsep untuk bertukar peran. Contohnya berbentuk boneka yang bisa digunakan untuk memiliki konteks percakapan yang mereka buat sendiri.


Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh anak ketika sedang bermain mainan jenis sponge ini. Selain memiliki berbagai bentuk, warna dan juga tekstur yang bervariasi sehingga dapat menghibur, ternyata manfaat dibaliknya cukup banyak. Namun akan lebih baik saat anak bermain mainan ini tetap berada di bawah pengawasan orang tua.

 
Top